Selasa, 25 Februari 2014

PENGARUH FILM BARAT ATAU ASING TERHADAP PENGUASAAN BAHASA INGGRIS


PENGARUH FILM BARAT ATAU ASING TERHADAP PENGUASAAN BAHASA INGGRIS

Hesti Rahayuningtyas
Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI SEMARANG
hesti_rahayuningtyas93@yahoo.co.id

ABSTRACT
Movies, also known as films, are a type of visual communication which use moving pictures and sound to tell stories or inform for people. Movies also help people to learn about something or to search information. This time, some people prefer to watch western movies or foreign movies. For example Final Destination, Hachiko, Iron Man, etc. Usually, among teenagers who prefer western movies. The language is used in western movies or foreign films can also affect mastery in English language. English language is very important in life currently. Especially in the field of education. When a person is often watching western movies, it would be a good mastery of the English language. In this study, the method to be used in the movie  examines the influence of the west against the mastery of the English language is quantitative methods. This method employs strategies of inquiry such as experiments, surveys, and collects data. Data collection can be retrieved by using the questionnaire method. In addition to the questionnaire, data collection can also be done by way of interviews. With this method, it is expected of everyone, especially the students can easily master the English language with movie western or foreign. For example, to understand about pronunciation, vocab, etc. In the other hand, the movie is expected of understanding in English will easily conveyed.
Keywords: Western movies, quantitative methods, English language.

A.      PENDAHULUAN
Saat ini film yang banyak diminati untuk ditonton adalah film Barat atau film asing. Film Barat atau film asing disukai banyak kalangan, terutama pada kalangan remaja. Selain ceritanya yang menarik, film Barat atau film asing juga menggunakan bahasa Inggris. Dalam bidang pendidikan bahasa Inggris sangatlah penting. Adapun bahasa yang digunakan dalam film asing atau film Barat juga dapat mempengaruhi penguasaan dalam bahasa Inggris. Biasanya seseorang yang sering menonton film Barat atau film asing, penguasaan bahasa Inggrisnya bagus.
Menonton film asing atau film Barat juga dapat mempengaruhi peningkatan skill dalam menguasai bahasa Inggris. Hal ini dijelaskan dalam teori behavioristik. Menurut teori behavioristik belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman (Gage, 1984). Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons (Slavin, 2000). Dalam hal ini, pengalaman yang dimaksud adalah ketika seorang anak atau remaja menonton film Barat atau asing maka dia akan mengalami perubahan dalam penguasaan bahasa Inggrisnya.
Prambudi (2013) mengatakan bahwa cara belajar yang paling efektif untuk bahasa Inggris adalah mendengarkan film tersebut dengan serius. Dengan cara seperti itu, penguasaan pronunciation-nya akan mudah dipahami. Seseorang dapat menirukan cara pengucapan dari film Barat atau film asing tersebut sehingga lama-lama akan terbiasa untuk mengucapkannya (Prambudi, 2013). Film juga bisa jadi alternatif dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah, salah satunya adalah dalam proses listening (sumber: http://artikel-cp.blogspot.com/2012/07/manfaat- menonton film.html).
Karya tulis ilmiah ini ditunjukkan untuk menambah wawasan tentang cara yang lebih mudah untuk menguasai bahasa Inggris, yaitu dengan cara menonton film Barat atau film asing. Dengan karya tulis ilmiah ini, diharapkan banyak kalangan yang ingin belajar bahasa Inggris melalui film Barat atau film asing. Selain itu, juga menambah pengetahuan setiap pembaca mengenai berbagai macam film Barat atau film asing.
Dalam karya tulis ilmiah ini data diambil dengan cara kuisioner, yaitu dengan cara membuat angket. Setiap angket terdiri atas 10 pertanyaan yang berkaitan tentang pengaruh film Barat atau asing terhadap penguasaan bahasa Inggris. Pertanyaan berbentuk pilihan ganda. Jumlah angket sebanyak 40 lembar. Pengisian angket akan dilakukan oleh anak kos yang tinggal di Jalan Hiri 4 nomor 18 sebanyak 20 lembar dan di Jalan Hawa 3 nomor 11 sebanyak 20 lembar. Mayoritas dari anak kos tersebut adalah mahasiswa bahasa Inggris IKIP PGRI Semarang yang suka menonton film Barat atau film asing.

B.  PENGARUH FILM BARAT ATAU ASING TERHADAP PENGUASAAN BAHASA INGGRIS

Definisi Film
Definisi film menurut UU RI nomor 8 pasal 1 tahun 1992 tentang perfilman, adalah karya cipta seni dan budaya yang merupakan media komunikasi massa pandang-dengar yang dibuat berdasarkan asas sinematografi dengan direkam pada pita seluloid, pita video, piringan video, dan bahan hasil penemuan teknologi lainnya dalam segala bentuk, jenis, dan ukuran melalui proses kimiawi, proses elektronik, atau proses lainnya, dengan atau tanpa suara. Hal ini dapat dipertunjukkan dan ditayangkan dengan sistem proyeksi mekanik dan eletronik.
Film, secara kolektif, sering disebut sinema. Sinema itu sendiri bersumber dari kata kinematik atau gerak. Film juga sebenarnya merupakan lapisan-lapisan cairan selulosa, biasa dikenal di dunia para sineas sebagai seluloid. Pengertian secara harafiah film (sinema) adalah Cinemathographie yang berasal dari Cinema + tho = phytos (cahaya) + graphie = graph (tulisan = gambar = citra), jadi pengertiannya adalah ‘melukis gerak dengan cahaya’.
Berdasarkan jenisnya, film dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti:
1.         Film Fiksi
Contoh: drama, action, animasi, dll.
2.         Film Dokumenter
Film dokumenter adalah film yang menyajikan suatu kenyataan berdasarkan fakta objektif yang menyangkut kehidupan lingkungan hidup dan situasi nyata. Contoh: potrait, fitur, profil, biografi, sejarah, buku harian, penemuan, rekonstruksi, instruksional, dll.
3.         Film Komunitas
Film komunitas adalah film yang dihasilkan oleh komunitas atau kelompok tertentu tentang isu-isu atau permasalahan yang berhubungan dengan lingkungan komunitas tersebut baik untuk komunitas maupun pihak luar dengan tujuan tertentu.
Contoh: video partisipasi, video rakyat, video proposal, dll.
Sedangkan berdasarkan durasi atau lamanya sebuah film dapat dibagi sebagai berikut:
1.    Film Pendek
Film dengan durasi kurang dari 60 menit.
2.    Film Panjang
Film dengan durasi lebih dari 60 menit.
Hakikat dan Keberadaan Film Barat atau Film Asing
Film Barat atau film asing merupakan film buatan luar negeri yang tujuan pembuatannya tidak jauh beda dengan film-film buatan dalam negeri. Pada umumnya, tujuan pembuatan film asing ini adalah untuk mengejar keuntungan ekonomi. Film Barat biasanya dibuat dengan tujuan untuk bersaing dengan film-film asing lainnya sehingga film yang mampu bertahan yang akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari pada film-film lainnya. Selain itu, tujuan penciptaan sebuah film adalah untuk mempromosikan nilai-nilai budaya suatu bangsa.
Film Barat atau film asing umumnya banyak mengandung adegan-adegan  yang tak senonoh dan tidak bermoral. Hal tersebut yang menjadikan film Barat atau asing ditentang oleh sebagian orang yang merasa bahwa film Barat atau asing tersebut sudah tidak pantas untuk ditonton oleh masyarakat. Meskipun film Barat atau asing mengandung banyak pengaruh negatif, film Barat atau asing juga tidak berarti dapat dilarang penayangannya di masyarakat sebab film Barat atau asing juga berperan dalam memberikan sumbangan pajak bagi bangsa. Setiap film Barat atau asing yang diputar di Indonesia haruslah dikenakan pungutan yang berarti dapat menambah kas bagi negara yang bersangkutan. Hal tersebut menjadi salah satu faktor sehingga film Barat atau asing juga tidak dapat dengan seenaknya dihentikan penayangannya.
Manfaat Menonton Film Barat atau Film Asing Dalam Penguasaan Bahasa Inggris
·         Meningkatkan kemampuan listening seseorang
·         Meningkatkan penguasaan pronunciation
·         Meningkatkan penguasaan vocabulary

Dalam penelitian ini, data diambil dari hasil kuisioner berupa angket. Jumlah angket sebanyak 40 lembar yang terdiri atas 10 pertanyaan yang berupa soal pilihan ganda. Pengisian angket akan dilakukan oleh anak kos yang tinggal di Jalan Hiri 4 nomor 18 sebanyak 20 lembar dan di Jalan Hawa 3 nomor 11 sebanyak 20 lembar. Pertanyaan-pertanyaan tersebut disusun sedemikian rupa agar dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti.

NO
PERTANYAAN
JAWABAN
a
b
c
d
1.
Apakah Anda suka menonton film?
30
1
-
4
2.
Apakah Anda mengenal film Barat atau film asing?
40
-
-
-
3.
Apakah manfaat penting yang dapat Anda peroleh dari menonton film Barat atau film asing ?
10
4
6
20
4.
Menurut Anda, orang lebih memilih film Barat atau film asing karena.....
10
3
5
22
5.
Berapa persenkah minat Anda untuk mau menonton film Barat atau film asing ?
-
20
20
-
6.
Apakah film Barat atau film asing berpengaruh dalam penguasaan bahasa Inggris?
40
-
-
-
7.
Seberapa sering Anda menoton film Barat atau film asing?
-
20
20
-
8.
Apakah menonton film Barat atau film asing dapat mempengaruhi penguasaan pronunciation dalam bahasa Inggris?
40
-
-
-
9.
Apakah menonton film Barat atau film asing dapat mempengaruhi penguasaan vocab dalam bahasa Inggris?
40
-
-
-
10.
Bagaimanakah pengaruh menonton film Barat atau asing terhadap mata pelajaran bahasa Inggris Anda?
25
-
5
10

C.  SIMPULAN
Dari hasil angket tersebut dapat diketahui bahwa menonton film Barat atau film asing dapat mempengaruhi penguasaan dalam bahasa Inggris, contohnya dalam penguasaan pronunciation dan vocabulary. Pengaruh menonton film Barat atau film asing terhadap pelajaran bahasa Inggris adalah meningkatkan minat belajar anak sehingga nilai bahasa Inggrisnya meningkat. Selain itu, manfaat penting yang dapat diperoleh dari menonton film Barat atau film asing adalah menambah wawasan dan sebagai sarana hiburan sekaligus belajar.

DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zaenal. 1998. Dasar-Dasar Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Grasindo.
Indriaty, Etty. 2003. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Trianto, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 1992 Tentang Perfilman. 1992. Jakarta: Dewan Perwakilan  Rakyat Republik Indonesia.

DAFTAR LAMAN
Riadi, Muchlisin. 2012. Pengertian, Sejarah, dan Unsur-Unsur Film. http://www.kajianpustaka.com/2012/10/pengertian-sejarah-dan-unsur-unsur-  film.html diakses pada 16 Desember 2013 pukul 19:30



LAMPIRAN

ANGKET
PETUNJUK PENGISIAN :
1.      Jawablah pertanyaan di bawah ini secara jujur, sesuai dengan keadaan yang Anda alami.
2.      Hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada peneliti.
SOAL
1.       Apakah Anda suka menonton film?
a.    Ya
b.    Tidak
c.    Kurang Tahu
d.   Kadang-kadang
2.      Apakah Anda mengenal film Barat atau film asing?
a.       Ya
b.      Tidak
c.       Kurang Tahu
d.      Cukup Tahu
3.       Apakah manfaat penting yang dapat Anda peroleh dari menonton film Barat atau film asing ?
a.    Menambah wawasan
b.    Sebagai sarana hiburan
c.    Untuk mengisi waktu
d.   Sebagai sarana hiburan sekaligus belajar
4.       Menurut Anda, orang lebih memilih film Barat atau film asing karena.....
a.    Pemerannya
b.    Alurnya bagus
c.    Settingnya yang unik dan menarik
d.    a, b, dan c benar
5.       Berapa persenkah minat Anda untuk mau menonton film Barat atau film asing ?
a.    30 %
b.    50 %
c.    75 %
d.   100 %
6.       Apakah film Barat atau film asing berpengaruh dalam penguasaan bahasa Inggris?
a.       Ya
b.      Tidak
c.       Kurang tau
d.      Bisa jadi
7.      Seberapa sering Anda menoton film Barat atau film asing?
a.       sangat sering
b.      sering
c.       kadang-kadang
d.      jarang
8.       Apakah menonton film Barat atau film asing dapat mempengaruhi penguasaan pronunciation dalam bahasa Inggris?
a.       Ya
b.      Tidak
c.       Kurang tahu
d.      Biasa saja
9.       Apakah menonton film Barat atau film asing dapat mempengaruhi penguasaan vocab dalam bahasa Inggris?
a.       Ya
b.      Tidak
c.       Kurang tahu
d.      Biasa saja
10.   Bagaimanakah pengaruh menonton film Barat atau asing terhadap mata pelajaran bahasa Inggris Anda?
a.       Meningkatkan minat belajar sehingga nilai bahasa Inggris meningkat
b.      Menurunkan minat belajar sehingga nilai bahasa Inggris menurun
c.       Mengurangi waktu belajar karena terlalu asik menonton film
d.      Memotivasi seseorang untuk belajar bahasa Inggris
Berdasarkan jawaban dari angket tersebut, dapat diketahui informasi sebagai berikut:
1.    Sebanyak 30 anak yang suka menonton film, 1 anak tidak suka menonton film, dan 4 anak kadang-kadang menonton film.
2.    Semua anak mengenal film Barat atau film asing.
3.    Sebanyak 10 anak berpendapat bahwa manfaat penting yang dapat diperoleh dari menonton film Barat adalah menambah wawasan, 4 anak berpendapat sebagai sarana hiburan, 6 anak berpendapat untuk mengisi waktu, dan 20 anak berpendapat sebagai sarana hiburan sekaligus belajar.
4.    Sebanyak 10 anak memilih film Barat atau asing karena pemerannya, 3 anak memilih film Barat karena alurnya bagus, 5 anak memilih film Barat karena settingnya yang unik dan menarik, sedangkan 22 anak memilih film Barat karena pemerannya, alurnya bagus, dan settingnya yang unik dan menarik.
5.    Sebanyak 20 anak memiliki minat menonton film Barat sebanyak 50%, sedangkan 20 anak memiliki minat menonton film Barat sebanyak 75%.
6.    Semua anak menyatakan bahwa film Barat atau film asing berpengaruh dalam penguasaan bahasa Inggris.
7.    Sebanyak 20 anak sering menonton film Barat atau asing, sedangkan 20 anak kadang-kadang menonton film Barat atau film asing.
8.    Semua anak mengatakan bahwa, menonton film Barat atau film asing dapat mempengaruhi penguasaan pronunciation dalam bahasa Inggris.
9.    Semua anak mengatakan bahwa, menonton film Barat atau film asing dapat mempengaruhi penguasaan vocab dalam bahasa Inggris.
10.    Sebagian besar anak menjawab pengaruh menonton film Barat terhadap pelajaran bahasa Inggris adalah meningkatkan minat belajar sehingga nilai bahasa Inggrisnya meningkat.

3 komentar: