PENGARUH FILM BARAT ATAU ASING TERHADAP
PENGUASAAN BAHASA INGGRIS
Hesti Rahayuningtyas
Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI SEMARANG
hesti_rahayuningtyas93@yahoo.co.id
ABSTRACT
Movies, also known as films, are a type of visual communication which
use moving pictures and sound to tell stories or inform for people. Movies also
help people to learn about something or to search information. This time, some
people prefer to watch western movies or foreign movies. For example Final
Destination, Hachiko, Iron Man, etc. Usually, among teenagers who prefer
western movies. The language is used in western movies or foreign films can
also affect mastery in English language. English language is very important in
life currently. Especially in the field of education. When a person is often
watching western movies, it would be a good mastery of the English language. In
this study, the method to be used in the movie
examines the influence of the west against the mastery of the English
language is quantitative methods. This method employs strategies of inquiry
such as experiments, surveys, and collects data. Data collection can be
retrieved by using the questionnaire method. In addition to the questionnaire,
data collection can also be done by way of interviews. With this method, it is
expected of everyone, especially the students can easily master the English
language with movie western or foreign. For example, to understand about
pronunciation, vocab, etc. In the other hand, the movie is expected of
understanding in English will easily conveyed.
Keywords:
Western movies, quantitative methods, English language.
A.
PENDAHULUAN
Saat
ini film yang banyak diminati untuk ditonton adalah film Barat atau film asing.
Film Barat atau film asing disukai banyak kalangan, terutama pada kalangan
remaja. Selain ceritanya yang menarik, film Barat atau film asing juga
menggunakan bahasa Inggris. Dalam bidang pendidikan bahasa Inggris sangatlah
penting. Adapun bahasa yang digunakan dalam film asing atau film Barat juga
dapat mempengaruhi penguasaan dalam bahasa Inggris. Biasanya seseorang yang
sering menonton film Barat atau film asing, penguasaan bahasa Inggrisnya bagus.
Menonton
film asing atau film Barat juga dapat mempengaruhi peningkatan skill dalam menguasai bahasa Inggris.
Hal ini dijelaskan dalam teori behavioristik. Menurut teori behavioristik
belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman (Gage,
1984). Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons
(Slavin, 2000). Dalam hal ini, pengalaman yang dimaksud adalah ketika seorang
anak atau remaja menonton film Barat atau asing maka dia akan mengalami
perubahan dalam penguasaan bahasa Inggrisnya.
Prambudi
(2013) mengatakan bahwa cara belajar yang paling efektif untuk bahasa Inggris
adalah mendengarkan film tersebut dengan serius. Dengan cara seperti itu,
penguasaan pronunciation-nya akan
mudah dipahami. Seseorang dapat menirukan cara pengucapan dari film Barat atau
film asing tersebut sehingga lama-lama akan terbiasa untuk mengucapkannya
(Prambudi, 2013). Film juga bisa jadi alternatif
dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah, salah satunya adalah dalam proses
listening (sumber: http://artikel-cp.blogspot.com/2012/07/manfaat- menonton
film.html).
Karya tulis ilmiah
ini ditunjukkan untuk menambah wawasan tentang cara yang lebih mudah untuk
menguasai bahasa Inggris, yaitu dengan cara menonton film Barat atau film
asing. Dengan karya tulis ilmiah ini, diharapkan banyak kalangan yang ingin
belajar bahasa Inggris melalui film Barat atau film asing. Selain itu, juga
menambah pengetahuan setiap pembaca mengenai berbagai macam film Barat atau
film asing.
Dalam karya tulis
ilmiah ini data diambil dengan cara kuisioner, yaitu dengan cara membuat
angket. Setiap angket terdiri atas 10 pertanyaan yang berkaitan tentang
pengaruh film Barat atau asing terhadap penguasaan bahasa Inggris. Pertanyaan
berbentuk pilihan ganda. Jumlah angket sebanyak 40 lembar. Pengisian angket
akan dilakukan oleh anak kos yang tinggal di Jalan Hiri 4 nomor 18 sebanyak 20
lembar dan di Jalan Hawa 3 nomor 11 sebanyak 20 lembar. Mayoritas dari anak kos
tersebut adalah mahasiswa bahasa Inggris IKIP PGRI Semarang yang suka menonton
film Barat atau film asing.
B. PENGARUH FILM BARAT ATAU ASING TERHADAP
PENGUASAAN BAHASA INGGRIS
Definisi Film
Definisi
film menurut UU RI nomor 8 pasal 1 tahun 1992 tentang perfilman, adalah karya
cipta seni dan budaya yang merupakan media komunikasi massa pandang-dengar
yang dibuat berdasarkan asas sinematografi dengan direkam pada pita
seluloid, pita video, piringan video, dan bahan hasil penemuan teknologi
lainnya dalam segala bentuk, jenis, dan ukuran melalui proses kimiawi, proses
elektronik, atau proses lainnya, dengan atau tanpa suara. Hal ini dapat
dipertunjukkan dan ditayangkan dengan sistem proyeksi mekanik dan eletronik.
Film,
secara kolektif, sering disebut sinema. Sinema itu sendiri bersumber dari
kata kinematik atau gerak. Film juga sebenarnya merupakan lapisan-lapisan
cairan selulosa, biasa dikenal di dunia para sineas sebagai
seluloid. Pengertian secara harafiah film (sinema) adalah Cinemathographie yang berasal dari Cinema + tho = phytos (cahaya) + graphie
= graph (tulisan = gambar =
citra), jadi pengertiannya adalah ‘melukis gerak dengan cahaya’.
Berdasarkan jenisnya, film dapat dibagi
menjadi beberapa jenis seperti:
1.
Film
Fiksi
Contoh: drama, action, animasi, dll.
2.
Film Dokumenter
Film dokumenter adalah film yang menyajikan suatu kenyataan berdasarkan
fakta objektif yang menyangkut kehidupan lingkungan hidup dan situasi nyata.
Contoh: potrait, fitur, profil,
biografi, sejarah, buku harian, penemuan,
rekonstruksi, instruksional, dll.
3.
Film
Komunitas
Film komunitas adalah film yang dihasilkan oleh komunitas atau kelompok
tertentu tentang isu-isu atau permasalahan yang berhubungan dengan lingkungan
komunitas tersebut baik untuk komunitas maupun pihak luar dengan tujuan tertentu.
Contoh: video partisipasi, video rakyat, video proposal, dll.
Sedangkan berdasarkan durasi atau
lamanya sebuah film dapat dibagi sebagai berikut:
1.
Film
Pendek
Film dengan durasi kurang dari 60 menit.
2.
Film
Panjang
Film dengan durasi lebih dari 60 menit.
Hakikat dan Keberadaan Film Barat atau Film Asing
Film
Barat atau film asing merupakan film buatan luar negeri yang tujuan
pembuatannya tidak jauh beda dengan film-film buatan dalam negeri. Pada
umumnya, tujuan pembuatan film asing ini adalah untuk mengejar keuntungan
ekonomi. Film Barat biasanya dibuat dengan tujuan untuk bersaing dengan
film-film asing lainnya sehingga film yang mampu bertahan yang akan mendapatkan
keuntungan yang lebih besar dari pada film-film lainnya. Selain itu, tujuan penciptaan sebuah film adalah untuk
mempromosikan nilai-nilai budaya suatu bangsa.
Film
Barat atau film asing umumnya banyak mengandung adegan-adegan yang tak
senonoh dan tidak bermoral. Hal tersebut yang menjadikan film Barat atau asing
ditentang oleh sebagian orang yang merasa bahwa film Barat atau asing tersebut
sudah tidak pantas untuk ditonton oleh masyarakat. Meskipun film Barat atau
asing mengandung banyak pengaruh negatif, film Barat atau asing juga tidak
berarti dapat dilarang penayangannya di masyarakat sebab film Barat atau asing
juga berperan dalam memberikan sumbangan pajak bagi bangsa. Setiap film Barat
atau asing yang diputar di Indonesia haruslah dikenakan pungutan yang berarti
dapat menambah kas bagi negara yang bersangkutan. Hal tersebut menjadi salah satu
faktor sehingga film Barat atau asing juga tidak dapat dengan seenaknya
dihentikan penayangannya.
Manfaat Menonton Film Barat atau Film Asing Dalam Penguasaan Bahasa
Inggris
·
Meningkatkan
kemampuan listening seseorang
·
Meningkatkan
penguasaan pronunciation
·
Meningkatkan
penguasaan vocabulary
Dalam penelitian ini, data diambil dari hasil
kuisioner berupa angket. Jumlah angket sebanyak 40 lembar yang terdiri atas 10
pertanyaan yang berupa soal pilihan ganda. Pengisian
angket akan dilakukan oleh anak kos yang tinggal di Jalan Hiri 4 nomor 18
sebanyak 20 lembar dan di Jalan Hawa 3 nomor 11 sebanyak 20 lembar. Pertanyaan-pertanyaan tersebut disusun
sedemikian rupa agar dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti.
NO
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
|||
a
|
b
|
c
|
d
|
||
1.
|
Apakah Anda suka menonton film?
|
30
|
1
|
-
|
4
|
2.
|
Apakah Anda mengenal film Barat atau film asing?
|
40
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
Apakah manfaat penting yang dapat Anda peroleh dari
menonton film Barat atau film asing ?
|
10
|
4
|
6
|
20
|
4.
|
Menurut Anda, orang lebih memilih film Barat atau
film asing karena.....
|
10
|
3
|
5
|
22
|
5.
|
Berapa persenkah minat Anda untuk mau menonton film
Barat atau film asing ?
|
-
|
20
|
20
|
-
|
6.
|
Apakah film Barat atau film asing berpengaruh dalam
penguasaan bahasa Inggris?
|
40
|
-
|
-
|
-
|
7.
|
Seberapa sering Anda menoton film Barat atau film
asing?
|
-
|
20
|
20
|
-
|
8.
|
Apakah menonton film Barat atau film asing dapat
mempengaruhi penguasaan pronunciation dalam
bahasa Inggris?
|
40
|
-
|
-
|
-
|
9.
|
Apakah menonton film Barat atau film asing dapat
mempengaruhi penguasaan vocab dalam
bahasa Inggris?
|
40
|
-
|
-
|
-
|
10.
|
Bagaimanakah
pengaruh menonton film Barat atau asing terhadap mata pelajaran bahasa
Inggris Anda?
|
25
|
-
|
5
|
10
|
C. SIMPULAN
Dari hasil angket tersebut dapat diketahui
bahwa menonton film Barat atau film asing dapat mempengaruhi penguasaan dalam
bahasa Inggris, contohnya dalam penguasaan pronunciation
dan vocabulary. Pengaruh menonton film Barat atau film asing terhadap
pelajaran bahasa Inggris adalah meningkatkan minat belajar anak sehingga nilai
bahasa Inggrisnya meningkat. Selain itu, manfaat penting yang dapat diperoleh
dari menonton film Barat atau film asing adalah menambah wawasan dan sebagai
sarana hiburan sekaligus belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zaenal. 1998. Dasar-Dasar Penulisan Karangan Ilmiah.
Jakarta: Grasindo.
Indriaty, Etty. 2003. Menulis
Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Trianto, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20
Tahun 1992 Tentang Perfilman. 1992. Jakarta: Dewan
Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.
DAFTAR
LAMAN
http://id.shvoong.com/humanities/film-and-theater-studies/2280708-pengertian-film-dan-sejarahnya/
diakses pada 16 Desember 2013 pukul 20:15
http://040585.blogspot.com/2012/03/pengertian-dan-pembagian-film.html diakses pada 15 Desember 2013 pukul 20:00
Riadi, Muchlisin. 2012. Pengertian, Sejarah, dan Unsur-Unsur Film.
http://www.kajianpustaka.com/2012/10/pengertian-sejarah-dan-unsur-unsur- film.html diakses pada 16 Desember 2013 pukul
19:30
LAMPIRAN
ANGKET
PETUNJUK
PENGISIAN :
1.
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara
jujur, sesuai dengan keadaan yang Anda alami.
2.
Hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan
kepada peneliti.
SOAL
1. Apakah Anda suka menonton film?
a. Ya
b. Tidak
c. Kurang Tahu
d. Kadang-kadang
2. Apakah Anda mengenal film Barat atau film asing?
a. Ya
b. Tidak
c. Kurang Tahu
d. Cukup Tahu
3. Apakah manfaat penting yang dapat Anda peroleh dari
menonton film Barat atau film asing ?
a. Menambah wawasan
b. Sebagai sarana hiburan
c. Untuk mengisi waktu
d. Sebagai sarana hiburan sekaligus belajar
4. Menurut Anda, orang lebih memilih film Barat atau film
asing karena.....
a. Pemerannya
b. Alurnya bagus
c. Settingnya yang unik dan menarik
d. a, b, dan c benar
5. Berapa persenkah minat Anda untuk mau menonton film
Barat atau film asing ?
a. 30 %
b. 50 %
c. 75 %
d. 100 %
6. Apakah film Barat atau film asing berpengaruh dalam
penguasaan bahasa Inggris?
a. Ya
b. Tidak
c. Kurang tau
d. Bisa jadi
7. Seberapa sering Anda menoton film Barat atau film
asing?
a. sangat sering
b. sering
c. kadang-kadang
d. jarang
8. Apakah menonton film Barat atau film asing dapat
mempengaruhi penguasaan pronunciation dalam
bahasa Inggris?
a. Ya
b. Tidak
c. Kurang tahu
d. Biasa saja
9. Apakah menonton film Barat atau film asing dapat
mempengaruhi penguasaan vocab dalam
bahasa Inggris?
a. Ya
b. Tidak
c. Kurang tahu
d. Biasa saja
10. Bagaimanakah pengaruh menonton film Barat atau asing
terhadap mata pelajaran bahasa Inggris Anda?
a. Meningkatkan minat belajar sehingga nilai bahasa
Inggris meningkat
b. Menurunkan minat belajar sehingga nilai bahasa Inggris
menurun
c. Mengurangi waktu belajar karena terlalu asik menonton
film
d. Memotivasi seseorang untuk belajar bahasa Inggris
Berdasarkan jawaban dari angket tersebut,
dapat diketahui informasi sebagai berikut:
1.
Sebanyak
30 anak yang suka menonton film, 1 anak tidak suka menonton film, dan 4 anak
kadang-kadang menonton film.
2.
Semua
anak mengenal film Barat atau film asing.
3.
Sebanyak 10 anak
berpendapat bahwa manfaat penting yang dapat diperoleh dari menonton film Barat
adalah menambah wawasan, 4 anak berpendapat sebagai sarana hiburan, 6 anak
berpendapat untuk mengisi waktu, dan 20 anak berpendapat sebagai sarana hiburan
sekaligus belajar.
4.
Sebanyak 10 anak
memilih film Barat atau asing karena pemerannya, 3 anak memilih film Barat
karena alurnya bagus, 5 anak memilih film Barat karena settingnya yang unik dan
menarik, sedangkan 22 anak memilih film Barat karena pemerannya, alurnya bagus,
dan settingnya yang unik dan menarik.
5.
Sebanyak 20 anak
memiliki minat menonton film Barat sebanyak 50%, sedangkan 20 anak memiliki
minat menonton film Barat sebanyak 75%.
6.
Semua
anak menyatakan bahwa film Barat atau film asing berpengaruh dalam penguasaan
bahasa Inggris.
7.
Sebanyak
20 anak sering menonton film Barat atau asing, sedangkan 20 anak kadang-kadang
menonton film Barat atau film asing.
8.
Semua
anak mengatakan bahwa, menonton film Barat
atau film asing dapat mempengaruhi penguasaan pronunciation dalam bahasa Inggris.
9.
Semua anak mengatakan
bahwa, menonton film Barat atau film asing dapat mempengaruhi penguasaan vocab dalam bahasa Inggris.
10.
Sebagian besar anak
menjawab pengaruh menonton film Barat terhadap pelajaran bahasa Inggris adalah
meningkatkan minat belajar sehingga nilai bahasa Inggrisnya meningkat.
terimakasih, sangat membantu saya ^_^
BalasHapusyou're welcome, smoga bermanfaat
Hapusteori dari prambudi itu dapat dari buku apa ya?
BalasHapus